Hacker Newbie

Blog yang memberikan informasi seputar komputer

cara pasang animasi naruto bergerak gif di blog

Cara Menginstall Linux Ubuntu

Image result for ubuntu
  Nah pada artikel kali ini saya akan share sebuah system operasi yang sangat manusiawi/ biasa di katakan sangat bersahabat yaitu "Ubuntu" yang berasal dari bahasa Afrika kuno yang mempunyai arti "Rasa prikemanusiaan pada sesama manusia" . Ubuntu juga bisa berarti aku adalah aku karena keberadaan kita semua hhehe kira-kira apa maksudnya yhaa?? saya juga agaka bingung.hhehee kurnag lebih maksudnya adalah Linux yang sangat sederhana dan bersahabat.Kenapa Linux jenis ini sangat diminati oleh banyak orang?? Ada beberapa alasan mengapa Ubuntu cocok di terapkan pada kehidupan kita, yaitu:
>> Gratis,yha sytem aplikasi ini gratis dan datpat anda download di server linux>>Dukungan pembelajaran tanya jawab. Pengembangan yang sangat baik terhadap Ubuntu di indonesia melalui forum,milis,website,iRC dan komunitas pengguna linux.
>>Kemudahan.Anda yang sudah berpengalaman menggunakan linux,maka anda akan menemukan bahwa Ubuntu lebih sederhana daripada distro linux yang lain.Ubuntu merupakan salah satu distro yang ada pada system operasi linux. Ubuntu merupakan turunan dari linux debian.Ububtu saat ini telah mencapai versi 15.04 anda bisa mendownload di situs resminya [DISINI].Nah sedah cukup basa-basinya langsung aja kita mulai bagaimana cara menginstall Ubuntu pada Laptop/Komputer anda langsung aja simak di bawah ini CEkIdOOtttt....

INSTALASI UBUNTU 
 Membuat DVD bootable atau USB dan boot sistem anda.
Ubuntu DVD live akan memberikan dua pilihan. Anda dapat mencoba Ubuntu tanpa membuat perubahanke komputer Anda menggunakan ISO download, atau Anda dapat menginstal bersama sistem operasi Anda, atau Anda dapat mengganti OS saat ini dengan Ubuntu.
Dalam tutorial ini, kita akan melakukan instalasi segar booting tunggal.
Ketika wizard installer muncul, klik 'Install Ubuntu' Link untuk melanjutkan.

 Pastikan bahwa sistem anda,
     memiliki setidaknya 6,6 GB ruang bebas;
     dicolokkan ke sumber listrik;
     terhubung ke Internet.

Jugainstaller memungkinkan Anda untuk men-download dan menginstal update dan software pihak ketiga seperti FlashMp3 dllketika menginstal UbuntuJika Anda ingin menginstalnyaklik pada kotak centang masing-masing dan melanjutkan.
  •   Menghapus dan menginstal Ubuntu - Ini benar-benar akan menghapus semua file dan sistem operasi di hard drive AndaJika Anda ingin melakukan instalasi baruini adalah pilihan ideal. 
  •  Mengenkripsi instalasi Ubuntu baru untuk keamanan - Semuanya akan dienkripsi, dan Anda akan diminta untuk memilih kunci keamanan kemudian
  •  Gunakan LVM dengan instalasi Ubuntu baru - Jika Anda ingin foto dan fitur partisi mengubah ukuran, Anda dapat memilih opsi ini. 
  • Sesuatu yang lain - ini adalah metode manual untuk membuat atau mengubah ukuran partisi. Juga,metode ini memungkinkan untuk membuat beberapa partisi dengan ukuran yang berbeda.

Karena saya tidak memiliki sistem operasi yang terpasang di hard drive saya, saya memilih 'Menghapusdisk dan menginstal Ubuntu' pilihan.

 Installer akan meminta Anda pesan konfirmasiKlik Lanjutkan.

 Pilih Timezone AndaJika sistem anda terhubung ke Internetmaka installer secara otomatis akanmemilih zona waktu yang benar.

 Pilih layout keyboard.Masukkan nama Andakomputer nama, usernamedan password.


Nah, sekarang instalasi harus mulaiIni akan memakan waktu beberapa menitAkan bersantai 
danmengambil secangkir kopi.
Setelah instalasi selesai, klik tombol Restart Now.

Setelah rebootAnda akan disambut dengan log berikut di layarMasukkan password Anda untuk logi
 Selamat! Kami telah berhasil menginstal Ubuntu 15,04.

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah login ke sistem anda untuk memperbaruinyaJalankan perintah berikut dari terminal untuk memperbarui sistem.

 # sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade
Atau, Anda dapat memperbarui sistem menggunakan pembaruan Ubuntu aplikasi grafis.

 Tunggukita belum selesaiMembaca daftar 15 hal yang harus dilakukan setelah menginstal Ubuntu15,04. Panduan komprehensif ini akan memberikan rincian tentang apa yang harus Anda lakukan setelahinstalasi baru dari Ubuntu untuk mendapatkan desktop yang sempurna untuk penggunaan sehari-hari.Pergilahdan Nikmati.


 
pilih Install Ubuntu Server dan tekan Enter.
 Pilih bahasa yang akan digunakan untuk instalasiJugabahasa yang dipilih akan menjadi bahasa default untuk sistem yang terinstalDi sinisaya memilih bahasa Inggris.
Pilih Negara Anda tinggal di dan tekan Enter.

Anda mungkin ingin mendeteksi layout keyboard AndaHal ini dapat dilakukan dengan menekanserangkaian tombol di keyboard AndaJika Anda tidak ingintekan No (yang merupakan 
default).
 
Mengkonfigurasi layout keyboard sesuai negara AndaSeperti yang Anda
ketahuilayout keyboardbervariasi per negara.
Pilih tata letak yang cocok keyboard untuk mesin ini.

 Sekaranginstaller akan mencoba untuk mengkonfigurasi seperti hostname Andajaringan dll Jika Anda memiliki server DHCP pada jaringan Andaalamat IP untuk server Anda secara otomatis akan ditetapkan,atau Anda harus mengatur IP secara manual.
Pertama, setup hostname: Masukkan nama lengkap pengguna.

 Pengaturan username:
Pilih password untuk account pengguna.

 Anda mungkin ingin mengenkripsi direktori home Andasehingga file dan folder dalam direktori rumahakan tetap pribadiPengguna lain tidak dapat melihat direktori home Anda, bahkan jika komputer Andadicuriada kemungkinan kurang untuk mengakses file Anda.

Pastikan Timezone Anda benarJika tidakklik tombol Go Back dan pilih zona waktu yang benar.

  • Pilih partisi method.You dapat memungkinkan installer untuk partisi hard drive Anda secara otomatisatauAnda dapat melakukannya secara manual sendiriJika Anda tidak kuasa penggunakemudian membiarkaninstaller untuk mengurus proses partisi secara otomatis.
  • Akan ada empat jenis metode partisiAnda dapat memilih salah satu pilihan Anda.
 Jika Anda memiliki lebih dari satu hard drive di sistem andapilih disk untuk partisiHati-hati drive Andaakan benar-benar dihapusPastikan Anda tidak memiliki data penting di dalamnya.
Klik Yes untuk menulis perubahan partisi dan terus.
Instalasi akan mulai sekarang.

 Setelah beberapa menitAnda akan diminta untuk memasukkan URL Proxy untuk terhubung ke Internet.Jika Anda tidak memiliki server proxy dalam jaringan Andabiarkan kosong dan klik continue . 

Secara defaultAnda harus men-download dan menginstal secara manualJugaAnda dapat memilihuntuk memiliki sistem ini secara otomatis men-download dan menginstal update keamananatau Andadapat memilih untuk mengelola server ini melalui web menggunakan layanan Landscape Canonical.

 Landscape memungkinkan Anda untuk mengelola ribuan mesin Ubuntu semudah satu, sehingga jauhlebih hemat biaya untuk mendukung jaringan yang besar dan tumbuh dari desktopserver dan contohcloudLandscape alat manajemen sistem membantu Anda memantaumengelola dan memperbaruiseluruh infrastruktur Ubuntu Anda dari antarmuka tunggalBagian dari Ubuntu layanan dukunganKeuntungan CanonicalLandscape membawa Anda alat manajemen sistem intuitif dikombinasikan dengan dukungan kelas dunia.
 Karena saya hanya menguji Ubuntu 15.04 server, saya tidak memerlukan update otomatisJadisayamemilih opsi 'Tidak ada pembaruan otomatis'.
Di sinisaya hanya ingin menginstal SSH  server bersama dengan sistem inti, Jadi, saya memilih pilihan server OpenSSHKarenaSSH server akan sangat membantu untuk mengakses server Ubuntu Anda darisistem remote.
 

Pilih 'Yes' dan tekan Enter untuk menginstal boot loader GRUB ke master boot record.

 Akhirnyamenghapus ( remove ) media instalasi dan klik Continue untuk menyelesaikan instalasi. 

Selamat! Kami telah berhasil menginstal Ubuntu 15,04 Server.
Login ke server Anda dengan nama pengguna ( username ) dan password yang benar yang kita buattadipada saat instalasi. tadipada saat instalasi.

  • Anda tahu apa yang harus dilakukan setelah menginstal Ubuntukan? Yapertama-tama memperbaruiserver Anda.
  • Untuk melakukannya, jalankan:

# sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade  selesai,,,,,,Salam Hacker Newbie

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Menginstall Linux Ubuntu"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top