Hacker Newbie

Blog yang memberikan informasi seputar komputer

cara pasang animasi naruto bergerak gif di blog

Apa Itu Sniffing??


Image result for SNIFFING


  Sniffing atau mengendus adalah kegiatan mengendus yang di maksud mengendus disini bukan lah mengendus seperti anjing tetapi mengendus data-data yang melalui sebuah jaringan yang terhubung dengan komputer si pengendus.Sniffing aalah pekerjaan menyadap data-data yang berlalu-lalang di jaringan.Paket data yang di sadap bisa mengenai apa saja, baik itu username,password,apa yang dilakukan pengguna melalui jaringan,sampai mengidentifikasi komputer yang terhubung dalam jaringan.Sniffing juga bisa di gunakan untuk mengetahui apa yang membuat komputer menjadi lambat.Snifffing juga bisa di gunakan untuk kejahatan, karena semua itu tergantung penggunanya,tetapi umumnya di gunakan untuk iseng-iseng aja sih.

   Snifffing termasuk aktifitas menyadap yang sangat sulit di cegah, walaupun kita sudah menginstall berbagai aplikasi untuk mencegah serangan dalam jaringan.Ini tidak ada hubungannya dengan system operasi,tetapi ini dalah masalah komunikasi atau p-rotokaol jaringan yang tidak ada hubungannya dengan system operasi.

Aktifitas sniffing dapat di bagi menjadi 2 jenis yaitu:
  • Passive Sniffing yaitu kegiatan menyadap data tanpa merubah data atau packet apapun dalam jaringan.Beberapa program yang umumnya di gunakan untuk aktifitas seperti ini yaitu Wireshark,Cain & Abel dll.
  • Active Sniffing yaitu kegiatan sniffing yang dapat melakukan perubahan data dalam jaringan agar dapat melakukan sniffing.Active sniffing pada umumnya di lakukan pada swich karena perbedaan prinsip kerja antara Hub dan Swich.Active sniffing yang paling umum di lakukan adalah ARP Poisoning,Man in the Middle attack.
Kegiatan sniffing sangat merugikan jika terjadi dalam jaringan karena data pribadi atau account pribadi kita dapat tercuri melalui kegiatan ini.Sniffing merupakan tindakan yang sangat sulit untuk di cegah,tidak ada solusi yang mudah,cepat,aman, yang bisa kita lakukan untuk mencegah serangan ini.
tetapi da solusi yang mungkin bisa anda coba agar  meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi di kemudian hari.Hal yang paling cepat dan tidak mengeluarkan biaya besar adalah dengan meng-enskripsi data yang berlalu-lalang di jaringan agar sulit untuk di baca.

Cain & Abel
Adalah program recovery password sekaligus pengendus jaringan.Aplikasi ini bisa anda download DISINI Jika anda belum mengetahui apa itu pengendus jaringan,mungkin anda pernah mendengar sebuah tools yang bernama Cain&Abel dan Wireshark,keduanya adalah pengendus jaringan.
Cain&Abel mudah di gunakan untuk pemula.Untu mendapatkan Cain&Abel sangat mudah,tinggal download aja di atas sudah saya beri linknya.Yang perlu diperhatikan dalam program Cain&Abel itu terdiri dari dua program yang terpisah.Cain atau sang kakak adalah program pengendus yan sebenarnya sudah langsung di pasang saat kita meng-klik next,dan Abel atau si adik adalah remote console pada mesin terget,dan tidak langsung di install pada saat anda meng-klik next pada penginstalan Cain.Untuk menggunakan Abel atau sang adik ada dua cara yaitu :
Pasang pada komputer  langsung :
  • Buka tempat Cain di install,lalu anda akan melihat program yang bernama abel.exe dan abel.dll.Block kedua program tersebut lalu klik kanan Copy file tersebut.
  • Paste keduanya di direktori WINNT
  • Jalankan Abel atau klik start>run>abel.
  • Biarkan keduanya berkomunikasi melalui Service Manager milik Cain.
  • Untuk menginstal, jalankan run>ketikan abel -r.
Melalui Remote :
  • Pilih komputer yang di remote menggunakan Cain pada Network Tab, lalu klik kanan pada icon komputer tersebut.
  • Buktikan ke-adminan anda pada komputer yang di remote. Seperti anda membuktikan cinta anda kepada pasangan anda hhahah:).
  • Pilih service,lalu install abel.
Yang paling menyenangkan pada program ini adalah anda bisa langsung menghilangkan program ini tetepi tidak menghentikan kinerja dari progrem ini.Anda bisa langsung melarikan Cain ke System Tray dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Pagedown.Dan anda bisa menghilangkan program Cain dari layar monitor tanpa mengganggu apa yang Cain sedang kerjakan dengan kombinasi tombol Alt + Dell.
Untuk mengembalikannya, dengan menekan tombol Ctrl + PageUp.
Nah cukup dulu artikel tentang sniffing dari saya semoga dapat menambah ilmu pengetahuan anda.
Jangan lupa berkunjung lagi yhaaaaa...

SALAM HACKER NEWBIE
 

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Apa Itu Sniffing??"

terimakasih informasinyaa....

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top